Press Release
March
26
2018
     17:39

Bloogger Sahabat Aviasi Ajak Masyarakat Menjaga Penerbangan Nasional "Selamanya"

Bloogger Sahabat Aviasi Ajak Masyarakat Menjaga Penerbangan Nasional

TANGERANG. Masyarakat sesungguhnya adalah salah satu pemegang kepentingan (stakeholder) yang penting dalam penerbangan. Pasalnya, masyarakat terlibat dalam setiap proses penerbangan, baik itu mulai dari proses desain sebuah pesawat hingga operasional penerbangan. Untuk itu, upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap dunia penerbangan adalah sangat penting untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan  (Selamanya) pelayanan penerbangan itu sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso saat membuka acara "Sobat Aviasi Akademi Blogger" yang diadakan oleh Bagian Kerjasama dan Humas  Ditjen Perhubungan Udara bekerjasama dengan Kompasiana di Tangerang, 24-25 Maret ini. Acara yang diikuti 50 blogger tersebut menampilkan narasumber dari pemerhati penerbangan Alvin Lie serta praktisi blog, video dan fotografi seperti Fikri dari Kompas.com, Iskandar Zulkarnain dari Kompasiana dan fotografer senior harian Kompas, Arbain Rambey.

"Dalam Undang-Undang no. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, masyarakat itu termasuk salah satu stakeholder penerbangan karena perannya sangat penting dalam mendukung keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan. Misalnya saja, masyarakat di sekitar bandara bisa turut berperan dengan tidak mendirikan bangunan tinggi karena akan mengganggu kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP)," ujar Agus Santoso.

Untuk itu, Agus melanjutkan bahwa masyarakat perlu mendapat edukasi yang baik dan benar terkait penerbangan karena industri penerbangan merupakan sektor yang canggih dan rumit karena berteknologi tinggi. Di sisi lain, transportasi penerbangan merupakan transportasi yang sangat penting karena berkecepatan tinggi dan bisa menjangkau ke berbagai tempat baik itu di pegunungan maupun perairan.

"Untuk itulah Presiden Joko Widodo juga memberikan perhatian yang serius pada sektor perhubungan udara. Misalnya untuk membuka transportasi di Papua yang alamnya susah ditembus, sehingga ada keadilan bagi saudara-saudara kita yang bermukim di sana. Kita di sektor perhubungan udara telah membuat jalur Trans Udara Papua untuk mendukung program Presiden tersebut," lanjut Agus.

Agus berharap, para blogger yang tergabung dalam Sobat Aviasi Akademi ini menjadi agent of change dalam mengubah pengertian dan memberi pengetahuan yang baik dan benar pada masyarakat.

Para blogger Sobat Aviasi ini juga diharapkan dapat membantu meneruskan informasi kebijakan-kebijakan Pemerintah terkait penerbangan melalui media sosial maupun media lainnya dalam bentuk tulisan, foto atau video. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan awarness masyarakat sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dalam mematuhi regulasi penerbangan, taat terhadap prosedur penerbangan, serta dapat mengetahui hak dan kewajiban saat menggunakan moda transportasi udara. "Di samping itu dengan acara ini, diharapkan ada saling bertukar pengetahuan dan pengalaman serta dapat memberi masukan  sehingga makin menyempurnakan sistem penerbangan nasional kita," ujar Agus lagi.

Pemerhati penerbangan Alvin Lie juga menyambut baik program kegiatan ini. Menurutnya, banyak kejadian negatif terkait keselamatan penerbangan terjadi karena ketidaktahuan penumpang dan masyarakat. "Acara ini luar biasa karena keselamatan penerbangan itu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara penerbangan tapi juga perlu partisipasi aktif para pengguna jasanya. Faktor ketidaktahuan para pengguna jasa penerbangan itu juga bisa memicu kecelakaan. Jadi dengan tambahan pengetahuan pada masyarakat ini, tentunya kita juga bisa mengurangi resiko kecelakaan penerbangan," ujarnya.

Dalam laporan saat pembukaan acara, COO Kompasiana Iskandar Zulkarnain menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para blogger Kompasiana tentang dunia penerbangan. Dengan demikian, para blogger tersebut dapat menyampaikan konten, baik dalam bentuk tulisan, foto dan video penerbangan secara lebih menarik kepada masyarakat.


Terbaru

Banyak Efek Positif Dari Perkembangan Teknologi

KOMINFO | Senin, 20 Desember 2021 | 12:15 WIB

Selain Positif, Kemajuan Digital Memiliki Dampak Negatif

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:47 WIB

Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:40 WIB

Media Digital Bisa Digunakan Sebagai Ruang Diskusi

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB

Terjadi Pergeserean Pola Pikir di Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:22 WIB

Cyberbullying Meninggalkan Jejak Digital

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:15 WIB