Press Release
June
11
2018
     13:44

Dirjen Hubud Pastikan Layanan Penerbangan Lebaran Bandara Kertajati Berlangsung Aman

Dirjen Hubud Pastikan Layanan Penerbangan Lebaran Bandara Kertajati Berlangsung Aman

Jakarta, Bandara Kertajati di Majalengka mulai melayani penerbangan perdana hari jumat (08/06). Adalah maskapai Citilink yang melakukan penerbangan perdana dengan rute Kertajati-Surabaya PP dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi. Penerbangan yang merupakan extraflight Citilink selama Lebaran ini. Kedepannya, mulai tanggal 1 Juli 2018, maskapai ini akan membuka penerbangan reguler Kertajati-Surabaya PP yang  akan dilayani 7 kali dalam seminggu.

Penerbangan perdana Citilink dari Surabaya-Kertajati dengan nomor penerbangan QG 9820 berangkat dari bandara Juanda, Surabaya pada pukul 05.25 WIB dan tiba di Kertajati pada pukul 06.55 WIB. Penerbangan ini mengangkut 70 penumpang.

Sedangkan untuk penerbangan Kertajati-Surabaya dengan no penerbangan QG 9821, berangkat pada pukul 07.25 WIB dan tiba di Surabaya pada pukul 08.55 WIB dengan mengangkut 175 penumpang.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyambut baik penerbangan perdana ini. Diharapkan penerbangan tersebut bisa lebih melancarkan arus mudik dan balik Lebaran dari Jawa Barat menuju Surabaya dan sekitarnya.

"Saya juga mengharapkan nantinya akan dibuka penerbangan ke kota-kota lain di Indonesia baik oleh Citilink maupun maskapai lainnya. Mengingat Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yaitu lebih dari 46 juta sehingga sangat diperlukan tambahan moda transportasi ke daerah-daerah lain. Silahkan maskapai menangkap peluang ini, kami akan senantiasa membantu proses perizinannya ," ujar Agus.

Sebagai regulator penerbangan, Agus akan selalu memastikan penerbangan di Bandara yang baru diresmikan pada 24 Mei lalu tersebut berjalan dengan selamat, aman dan nyaman. Terkait hal tersebut, Agus menyatakan sudah mengkoordinasikan  operator penunjang seperti pengelola navigasi penerbangan AirNav Indonesia dan pengelola bandara PT Angkasa Pura 2 serta BMKG untuk mendukung penerbangan tersebut.

"Bandara Kertajati adalah bandara baru di mana semua sarana dan prasarananya juga baru. Namun saya nyatakan bahwa bandara ini sudah siap 100 persen melayani penerbangan dan penumpang. Kami sudah memvalidasinya dan selalu menginspeksi baik dari sisi darat dan udara. Jadi ini bukan penerbangan coba-coba tapi operasional penerbangan yang terukur dan profesional," ujarnya lagi.

Bahkan Agus berharap kebaruan bandara ini menjadi daya tarik bagi penumpang dan maskapai penerbangan untuk memakainya.

"Silahkan warga masyarakat merasakan sensasinya terbang dari bandara baru ini. Menikmati keindahan arsitektur bandara, kursi-kursi empuk dan berbagai fasilitas lain. Silahkan memfoto dan memviralkan sehingga semakin banyak masyarakat yang akan tertarik terbang lewat Bandara Kertajati," pungkasnya. (FY/ME/SW)


Terbaru

Banyak Efek Positif Dari Perkembangan Teknologi

KOMINFO | Senin, 20 Desember 2021 | 12:15 WIB

Selain Positif, Kemajuan Digital Memiliki Dampak Negatif

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:47 WIB

Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:40 WIB

Media Digital Bisa Digunakan Sebagai Ruang Diskusi

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB

Terjadi Pergeserean Pola Pikir di Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:22 WIB

Cyberbullying Meninggalkan Jejak Digital

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:15 WIB