Press Release
March
11
2018
     20:34

Performa Navigasi Indonesia Jauh di Atas Rata-Rata Dunia

Performa Navigasi Indonesia Jauh di Atas Rata-Rata Dunia

YOGYAKARTA. Air Traffic Controller (ATC) Indonesia, selama ini, sudah melaksanakan pekerjaannya dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil audit ICAO tahun 2017 untuk Indonesia. Compliance score untuk kategori Air Navigation Services meningkat luar biasa. Jika  sebelumnya pada tahun 2016 memperoleh skor sebesar 56%, pada 2017 naik menjadi 86%. Angka ini berada di atas rata–rata dunia yang 60,7%. 

Selain itu, ATC Indonesia juga turut mendukung keselamatan penerbangan di Indonesia sehingga pada tahun 2017 lalu tidak terdapat kecelakaan penerbangan yang menelan korban jiwa (zerro accident). Pencapaian ini jauh lebih baik dari tahun tahun sebelumnya yang selalu ada kecelakaan yang menelan korban jiwa.

Demikian diungkapkan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso saat menutup  Rakernas ke – 9 Asosiasi ATC Indonesia (IATCA) di Yogyakarta, Kamis (09/03).

Rakernas IATCA berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 7-8 Maret 2018 dengan mengambil tema “Year of Members Association". Rakernas diikuti perwakilan dari  39 cabang IATCA di seluruh Indonesia. IATCA sendiri saat ini mempunyai 2020 anggota ATC.

Dalam kesempatan tersebut, Agus menyampaikan terimakasih yang sebesar–besarnya atas kontribusi besar ATC untuk kemajuan penerbangan Indonesia tersebut. Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja bersama yang luar biasa. Pencapaian itu juga membuktikan bahwa sinergi antarpemangku kepentingan penerbangan berjalan baik. Dan, tentunya, di dalam pencapaian Indonesia tersebut, peranan ATC sangatlah besar. Tidak hanya pada satu kategori  Air Navigation Services saja, tetapi juga termasuk beberapa kategori lain yang pencapaiannya  sangat baik, tidak lepas dari sumbangsih ATC Indonesia. 

Di sisi lain, Agus Santoso meminta seluruh personil Air Traffic Controller Indonesia untuk tetap meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dengan selalu melakukan update pengetahuan dan pola komunikasi. Pasalnya, profesi ATC sangat penting dan berpengaruh pada operasional penerbangan. Kesalahan sedikit saja pada operasional kerja bisa berdampak luar biasa. 

"Pekerjaan ATC adalah pekerjaan profesional dan mempunyai tanggungjawab yang besar; baik kepada masyarakat, bangsa dan negara, juga kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada kita semua. Karena itu, seorang ATC harus bekerja dengan perfect dan mampu mengelola stres. Kalau salah sedikit saja, dampaknya sangat luar biasa. Seluruh kepercayaan semua pengguna transportasi udara ada pada ATC.  Untuk itu, saya mohon semua personil ATC selalu memperbaharui pengetahuan, termasuk komunikasi dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar operasionalnya," ujar Agus 

Agus menyatakan, tema “Year of Members Association”  sangat tepat pada kondisi penerbangan Indonesia saat ini, terutama dalam menghadapi tantangan–tantangan yang menghadang di depan.  Melalui tema tersebut, IATCA diharapkan akan berupaya meningkatkan kompetensi anggotanya, baik secara mandiri maupun dengan memberikan dorongan kepada manajemen AirNav Indonesia maupun Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. 

"Saya berharap, IATCA tidak pernah lelah memberikan kontribusi positif bagi negeri ini. Teruslah berjuang demi kemajuan penerbangan kita. Demi kebanggaan Indonesia.  Semoga Rakenas ini dapat menghasilkan keputusan–keputusan organisasi yang dapat memajukan IATCA dan memajukan Dirgantara Indonesia," pungkas Agus.


Terbaru

Banyak Efek Positif Dari Perkembangan Teknologi

KOMINFO | Senin, 20 Desember 2021 | 12:15 WIB

Selain Positif, Kemajuan Digital Memiliki Dampak Negatif

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:47 WIB

Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:40 WIB

Media Digital Bisa Digunakan Sebagai Ruang Diskusi

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB

Terjadi Pergeserean Pola Pikir di Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:22 WIB

Cyberbullying Meninggalkan Jejak Digital

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:15 WIB