Press Release
May
17
2018
     21:28

Tangkal Cyber Attack di Penerbangan dengan Aviation Cyber Security

Tangkal Cyber Attack di Penerbangan dengan Aviation Cyber Security

JAKARTA. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan menggunakan internet (siber) pada saat ini sudah merupakan suatu keharusan digunakan sehari-hari di berbagai bidang, termasuk penerbangan. Semua hal dalam  penerbangan seperti bisnis penerbangan, operasional, ground service, Communication- Navigation & Surveillance (CNS), infrastruktur bandara, manajemen lalu lintas udara (Air Traffic Management /ATM), hingga rantai pasokan ( supply chain) sekarang sudah menggunakan sistim cyber. Penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi  ini dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas sehingga menghasilkan banyak manfaat seperti  peningkatan keamanan, peningkatan efisiensi  dan mengurangi biaya.

Namun karena memiliki konektivitas yang besar, terdapat kerentanan dan peluang sistem untuk dieksploitasi yang disebut cyber attack. Contoh cyber attack bisa terjadi di sistem reservasi tiket maskapai, sistem TIK bandara dan sebagainya yang sangat  merugikan bahkan bisa membahayakan. Untuk itulah diperlukan cyber security dalam penerbangan sehingga cyber attack bisa ditangkal sedini mungkin dan bisa diperbaiki dengan cepat.

Dalam acara Focus Group Discussion bertema Membangun Sinergitas Sektor Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional Guna Mewujudkan Ketahanan Siber Nasional yang telah diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara pada Senin (14/ 05),  Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyatakan Ditjen Perhubungan Udara menggunakan pendekatan aviation cyber security untuk menangkal cyber attack di penerbangan nasional.

“Pendekatan ini untuk memahami ancaman siber dan kerentanan di sektor penerbangan. Juga  untuk mengurangi risiko dan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi aset-aset utama dan  menanggapi insiden siber dengan efektif. Kami juga mempromosikan perubahan budaya, meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kemampuan di bidang siber. Selain itu kami juga bekerjasama dengan instansi lain terkait siber ini,” ujarnya.

Menurut Agus, terkait siber ini sudah ada dalam aturan keamanan penerbangan global dan diturunkan dalam aturan nasional. Aturan globalnya mengacu pada annex 17 dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Aturan global tersebut kemudian diturunkan dalam beberapa pasal pada Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 80 tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN).

“Dalam aturan itu disebutkan bahwa  penyelenggara bandar udara, maskapai nasional dan asing, AirNav dan badan hukum yang mendapat pendelegasian harus membuat langkah-langkah untuk melindungi kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan sistem teknologi informasi dan komunikasi serta data yang bersifat rawan terkait penerbangan dari cyber  attack yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan. Langkah-langkah perlindungan tersebut harus dibuat  paling  lambat 6 bulan  sejak peraturan ini berlaku pada 8 September 2017,” lanjut Agus.

Airport, airline, AirNav Indonesia dan badan hukum yang mendapat pendelegasian tersebut harus membentuk unit cyber security untuk melaksanakan langkah-langkah mitigasi. Mereka juga harus melaporkan kepada Dirjen Perhubungan Udara  jika terjadi cyber attack dan membuat prosedur penanganannya. Langkah-langkah perlindungan dan mitigasi terhadap sistim dan data TIK serta prosedur penanganan cyber attack harus  dimuat dalam program keamanan dan / atau prosedur keamanan.

Langkah-langkah  perlindungan sistem dilakukan dengan cara perlindungan administratif, Pengendalian virtual & logical dan Pengendalian  fisik.  Untuk administratif dilakukan dengan membuat desain keamanan TIK, membuat prosedur keamanan TIK, seleksi dan background check karyawan yang menangani TIK, pelatihan cyber security awareness, risk assessment terhadap sistem TIK, pengawasan (quality control) terhadap  implementasi TIK serta melakukan langkah keamanan sistim rantai pasok TIK.

Untuk pengendalian virtual & logical dilakukan dengan pengamanan jaringan internal - eksternal (nextgen firewall, control akses network, backup dll), network intusion detection systems, penerapan anti-virus, anti botnet dan anti malware di dalam perangkat TIK, review dan pembaharuan terhadap software/ sistem TIK, menguji efektifitas TIK melalui simulasi serangan siber, pengamanan terhadap penggunaan akun privilege TIK serta pencegahan dan implementasi strategi potensi kebocoran data/ informasi.

Sedangkan untuk pengendalian  fisik di antaranya dengan perlindungan fasilitas hardware dan server, sistem kewenangan pada akses masuk (biometric, finger  print ), membatasi jumlah orang yang diberi izin masuk, mempersyaratkan penerbitan izin masuk disetujui oleh lebih dari 1 orang, sistem pengawasan terus menerus dengan CCTV, memiliki sistim TIK dan back up system, membuat buku catatan kegiatan  (logbook) serta membuat sistem peringatan (alert  system). 


Terbaru

Banyak Efek Positif Dari Perkembangan Teknologi

KOMINFO | Senin, 20 Desember 2021 | 12:15 WIB

Selain Positif, Kemajuan Digital Memiliki Dampak Negatif

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:47 WIB

Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:40 WIB

Media Digital Bisa Digunakan Sebagai Ruang Diskusi

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB

Terjadi Pergeserean Pola Pikir di Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:22 WIB

Cyberbullying Meninggalkan Jejak Digital

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:15 WIB