Press Release
June
25
2018
     12:21

Arus Mudik dan Balik Udara 2018 Lancar, Selamat, Aman dan Nyaman

Arus Mudik dan Balik Udara 2018 Lancar, Selamat, Aman dan Nyaman

Solo, Setelah melakukan inspeksi arus balik Lebaran di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melanjutkan inspeksi arus balik di Bandara Adi Sumarmo Solo. Inspeksi kali ini didampingi oleh GM AirNav dan GM Angkasa Pura 1 untuk Bandara Adi Sumarmo.

Selama inspeksi, Agus mengunjungi beberapa tempat di terminal bandara baik air side maupun land side dan berbincang dengan beberapa petugas serta penumpang yang sedang menunggu penerbangannya dan datang dari luar kota.

"Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara untuk memastikan pelayanan penerbangannya berlangsung dengan selamat, aman dan nyaman. Bandara di Solo dan Jogja, bersama dengan bandara di Semarang dan Surabaya adalah bandara yang tersibuk untuk kedatangan arus mudik dan melayani arus balik. Alhamdulillah, seperti juga di Jogja, kondisi arus balik di Bandara Solo ini juga lancar, aman dan terkendali, sungguhpun penumpang relatif banyak, maklum besok mulai bekerja lagi" ujar Agus.

Agus memaparkan bahwa di Bandara Solo ini walaupun  penumpangnya membludak tapi relatif lancar karena penerbangannya tersedia dengan baik, fasilitas terminalnya bagus dan keamanannya terjaga. Parking stand untuk pesawat sudah ditambah dari 10 menjadi 15 untuk pesawat narrow body sekelas B737 dan A320. Juga disediakan tempat parkir mobil tambahan. Selain itu, arus keluar-masuk penumpang juga diubah sehingga lebih efisien.

"Saya melihat aturan selama Lebaran yang kami tetapkan sudah diimplementasikan dalam standar prosedur operasi dan dilaksanakan dengan baik. Sehingga mulai dari arus mudik hingga puncak arus balik hari ini semua penerbangannya berjalan dengan selamat, aman dan nyaman," lanjutnya.

Dari laporan GM AirNav untuk Bandara Adi Sumarmo, selama mudik dan balik Lebaran tahun ini, tiap hari terdapat antara 76-81 penerbangan datang dan pergi. Meningkat dari hari biasa yang ada 66 penerbangan datang dan pergi.

Selama puncak mudik Lebaran yaitu pada hari H-2, terdapat 7511 penumpang yang dilayani di bandara ini. Sedangkan pada puncak arus balik pertama pada H+3, terdapat 7610 penumpang yang dilayani. Diprediksi akan ada puncak arus balik kedua yang akan terjadi pada hari Minggu (24/ 06) karena pada hari Senin (25/ 06) merupakan hari kembali ke Sekolah.

Rute gemuk selama Lebaran dari dan ke Solo berasal dari Jakarta, Palangkaraya, Palembang, dan Bali.

Agus selaku pemegang kendali tertinggi regulator penerbangan berterimakasih kepada seluruh penumpang pesawat terbang dan seluruh operator penerbangan atas kerjasama guyub rukun sehingga bisa tercipta kondisi penerbangan yang selamat, aman, nyaman dan lancar.

Dalam kesempatan kali ini, Agus Santoso selaku regulator penerbangan nasional juga kembali menegaskan terkait pelepasan balon udara secara liar. Menurutnya pelepasan balon udara secara liar sangat membahayakan penerbangan. Terutama yang dilepaskan di atas Pulau Jawa yang merupakan jalur penerbangan terpadat no 3 di dunia. Pelaku pelepasan balon liar yang membahayakan bisa dikenai hukuman kurungan 2 tahun dan denda 500 juta rupiah

"Di atas kita ini selain banyak penerbangan nasional juga internasional yang melintasi antar benua Asia dan Australia. Kalau ada balon udara di lintasan pesawat kan berbahaya. Kita bisa dikomplain sama dunia penerbangan internasional. Maka dari itu pelepasan balon udara sangat dilarang dan sanksinya sangat berat," ujarnya lagi.

Untuk mengedukasi masyarakat, lanjutnya, Ditjen Hubud, AirNav serta Pemerintah Daerah mengadakan festival balon udara di Wonosobo, Ponorogo dan Pekalongan. Edukasi yang dilakukan di antaranya dengan menambatkan balon udara setinggi tidak lebih dari 150 meter. Dengan ditambatkan, ada 2 keuntungan yang didapat. Pertama, balon tersebut bisa lama dinikmati masyarakat. Kedua, balon tersebut juga tidak mengganggu keselamatan penerbangan.

Selain itu Agus Santoso juga memaparkan terkait isu hoax terkait harga tiket yang melambung tinggi. Menurutnya, dari pemantauan di 36 bandara yang melayani arus Lebaran di Indonesia, harga tiket masih aman terkendali dan berada di bawah batas atas sesuai Peraturan Menteri Perhubungan no. KM 14 tahun 2016.

Agus mengapresiasi pengelola bandara Solo yang sudah memasang banner terkait tarif penerbangan dari dan ke Solo sehingga penumpang bisa mengecek harga tiket pesawat yang dibelinya.(FY/ME/SW)


Terbaru

Banyak Efek Positif Dari Perkembangan Teknologi

KOMINFO | Senin, 20 Desember 2021 | 12:15 WIB

Selain Positif, Kemajuan Digital Memiliki Dampak Negatif

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:47 WIB

Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:40 WIB

Media Digital Bisa Digunakan Sebagai Ruang Diskusi

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB

Terjadi Pergeserean Pola Pikir di Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:22 WIB

Cyberbullying Meninggalkan Jejak Digital

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:15 WIB