Press Release
April
09
2018
     12:38

Beroperasi, Penerbangan Perintis Kargo di Sulawesi Selatan Pangkas Disparitas Harga

Beroperasi, Penerbangan Perintis Kargo di Sulawesi Selatan Pangkas Disparitas Harga

MASAMBA. Penerbangan perintis kargo yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan resmi dilaksanakan di daerah Sulawesi Selatan dengan dilakukannya penerbangan perintis kargo dari Bandara Andi Djemma, Masamba ke Rampi dan Seko di Kabupaten Luwu Utara. Penerbangan perintis kargo itu dilakukan oleh maskapai Susi air pada Senin (02/04). Penerbangan perdana tersebut juga disaksikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Sahrul Yasin Limpo, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Direktur Angkutan Udara Ditjen Hubud Maria Kristi Endah Murni, dan Kepala UPBU Andi Djemma Rasidin

Dengan adanya penerbangan kargo yang biayanya disubsidi oleh Ditjen Perhubungan Udara tersebut, diharapkan disparitas harga barang kebutuhan pokok dan penting di Kecamatan Rampi dan Seko bisa diturunkan sehingga seharga dengan daerah lain di Indonesia.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Hubud Maria Kristi Endah Murni yang mewakili Dirjen perhubungan Udara Agus Santoso mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah ikut berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan angkutan udara perintis kargo pada KPA/Korwil Masamba Tahun Anggaran 2018 ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.  Pihak terkait tersebut di antaranya Gubernur Sulawesi Selatan, Bupati Luwu Utara, Ketua DPRD Luwu Utara, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, UPBU Andi Djemma Masamba, dan juga Kementerian Perdagangan/ Dinas Perdagangan setempat.

"Kegiatan angkutan udara perintis kargo ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo yaitu untuk menurunkan disparitas harga-harga barang pokok dan penting di seluruh pelosok Indonesia. Ini adalah program Pemerintah Pusat sebagai perwujudan dari kehadiran Negara untuk  menjawab persoalan di daerah yang terisolir. Untuk itu mari kita saling berkoordinasi demi satu tujuan yang mulia ini sesuai kewenangan tugas masing-masing, sehingga kegiatan angkutan udara perintis kargo ini dapat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh saudara-saudara kita disini," ujarnya.

Menurut  Maria Kristi, pada Tahun Anggaran 2018 ini Ditjen Hubud telah mempersiapkan pelayanan subsidi angkutan udara perintis kargo sebanyak 41 rute di 3 wilayah di Indonesia yaitu Masamba, Tarakan dan Papua. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kegiatan angkutan udara perintis kargo tahun ini mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 lalu penerbangan perintis kargo hanya melayani wilayah Papua sebanyak 12 rute.

Dengan penambahan rute dan wilayah diharapkan program penerbangan perintis kargo ini akan menjawab kebutuhan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat  terpelosok dan terpencil di Indonesia

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mengatakan program ini merupakan jalan keluar yang instan bagi masyarakat pelosok Luwu Utara terutama di Kecamatan Seko dan Rampi dalam memperoleh  barang kebutuhan pokok dan penting dengan harga yang lebih rendah.

“Mungkin ada orang yang mengganggap ini biasa saja namun bagi saya ini suatu yang sangat luar biasa,” ujar Yasin Limpo.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani sangat berayukur dengan adanya penerbangan perintis kargo di daerahnya.

"Ini seperti angin dari surga yang menjawab mimpi dan doa masyarakat Luwu Utara. Penerbangan perintis kargo ini bisa membantu memenuhi kebutuhan saudara-saudara kita yang ada di daerah terpencil seperti Kecamatan Seko dan Kecamatan Rampi untuk memenuhi kebutuhan barang pokok," ujar Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Terbaru

Banyak Efek Positif Dari Perkembangan Teknologi

KOMINFO | Senin, 20 Desember 2021 | 12:15 WIB

Selain Positif, Kemajuan Digital Memiliki Dampak Negatif

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:47 WIB

Digitalisasi Membawa Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:40 WIB

Media Digital Bisa Digunakan Sebagai Ruang Diskusi

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB

Terjadi Pergeserean Pola Pikir di Masyarakat

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:22 WIB

Cyberbullying Meninggalkan Jejak Digital

KOMINFO | Minggu, 19 Desember 2021 | 11:15 WIB